Raport Adalah Jam Alarm Untuk Remaja dan Orang Tua (dan Juga Guru!)

Raport Adalah Jam Alarm Untuk Remaja dan Orang Tua (dan Juga Guru!)

Banyak artikel baru-baru ini telah difokuskan pada bagaimana menemukan “titik keseimbangan” yang tepat dalam hal keluarga membantu putra dan putri remaja mereka mencapai potensi akademik penuh mereka. Artikel-artikel ini telah membahas isu-isu seputar keseimbangan antara harapan orang tua tentang kinerja akademik dan kemampuan aktual remaja, serta berfokus pada menemukan keseimbangan yang tepat antara apa yang diharapkan remaja lakukan untuk sekolah dan setiap dan semua kegiatan ekstrakurikuler di mana mereka juga ingin berpartisipasi.

Dalam artikel ini, beberapa perhatian yang diperlukan diarahkan pada keseimbangan tanggung jawab seputar rapor anak remaja Anda. Dan dengan keseimbangan tanggung jawab, saya ingin menekankan bahwa setiap nilai pada cetak sampul raport remaja adalah cerminan dari upaya yang dilakukan oleh setidaknya tiga orang: anak remaja Anda, guru remaja Anda, dan Anda sebagai orang tua mereka.

Saya yakin Anda tidak memiliki masalah sama sekali dalam menyetujui bahwa rapor adalah cerminan dari usaha anak remaja Anda. Anda mungkin juga akan setuju bahwa guru remaja Anda juga berperan dalam nilai rapor. Guru tidak hanya menetapkan nilai yang sebenarnya, tetapi guru itu juga bertanggung jawab untuk mengembangkan materi kelas dan, pada gilirannya, menciptakan lingkungan yang paling kondusif untuk mempelajari materi tersebut. Baik Anda maupun anak remaja Anda tidak memiliki banyak kendali atas pemilihan guru itu, Anda juga tidak memiliki kekuatan untuk mengubah cara guru itu mengelola kelas.

Namun, seberapa baik gaya pengajaran guru sesuai dengan kekuatan anak remaja Anda dalam belajar adalah masalah yang harus diperhitungkan. Hal ini terutama terjadi jika Anda percaya bahwa tuntutan anak remaja Anda untuk melakukan sebaik yang dia bisa di sekolah TIDAK diterjemahkan ke dalam harapan semua A di rapor mereka, melainkan bahwa mereka berusaha sekuat tenaga ketika itu datang. untuk pekerjaan sekolah mereka. Dan dalam beberapa kasus, ketidaksesuaian antara gaya mengajar dan kemampuan belajar anak remaja Anda dapat mengalahkan segala upaya, setidaknya dalam hal mencapai nilai yang lebih optimal. Mereka mungkin berusaha sekuat tenaga, tetapi tidak dengan cara yang dicari guru dalam hal kinerja.

Oh ya, dan di sinilah Anda menjadi orang tua! Berapa banyak yang Anda ketahui tentang masing-masing guru yang dimiliki putra atau putri Anda di sekolah? Dan kapan Anda belajar tentang guru-guru itu dan gaya pengajaran mereka? Mudah-mudahan, ini adalah awal tahun ajaran, waktu yang paling objektif dalam setahun untuk mengumpulkan informasi semacam ini. Jika Anda mendapatkan informasi hanya setelah melihat rapor yang kurang bagus, Anda sedikit dirugikan, terutama jika Anda mendapatkan informasi hanya dari anak remaja Anda!

Tapi semua tidak hilang. Penjadwalan waktu untuk bertemu dengan satu atau beberapa guru dapat terjadi setiap saat sepanjang tahun ajaran. Dan sering kali tidak, pertemuan tatap muka akan membantu memulai proses yang menyatukan Anda dan guru pada beberapa kesamaan yang dapat membantu anak remaja Anda memenuhi tuntutan kelas tertentu yang mereka ambil dengan lebih baik.

Anda mungkin juga harus memeriksa bagaimana area lain dalam kehidupan anak remaja Anda juga berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk melakukan sebaik yang mereka bisa di sekolah. Ini termasuk kegiatan ekstrakurikuler yang mungkin mereka ikuti, serta cara mereka mengatur waktu luang mereka. Intinya di sini adalah bahwa Anda sebagai orang tua memainkan peran penting dalam mengetahui dan membentuk lingkungan di sekitar putra atau putri Anda.

Pernyataan ini, dan sebenarnya seluruh kolom ini, didasarkan pada Fakta #1 tentang Keluarga Kuat; yaitu, keluarga yang kuat bekerja sama. Ini berarti menjauh dari taktik “malu dan menyalahkan” yang bisa terjadi ketika seorang remaja membawa pulang rapor yang kurang bagus. Sebaliknya, ini adalah panggilan untuk tanggung jawab bersama, di mana upaya gabungan dari remaja, guru, dan orang tua menjadi bagian dari kerangka kerja untuk memahami seberapa baik prestasi putra atau putri Anda di sekolah.

Leave a Reply