Menurut Islam Apakah Boleh Membeli pemakaman Mewah ?

Menurut Islam Apakah Boleh Membeli pemakaman Mewah ?

Pelayanan lengkap yang disediakan memorial park tentunya sangat memudahkan keluarga yang sedang berduka, keluarga tidak perlu lagi sibuk menyiapkan segala sesuatu untuk pemakaman.

Namun di sisi lain Tersedianya pelayanan ini juga dapat mengurangi nilai-nilai silaturahmi kesempatan bagi kerabat atau tetangga untuk berbuat baik dalam membantu proses pemakaman menjadi berkurang.

Tidak semua orang setuju dengan konsep pemakaman ini menurut sebagian orang mengeluarkan uang sedemikian besar untuk lahan makam adalah hal yang sia-sia sementara Masih banyak orang yang hidup dibawah garis kemiskinan, Kalau menurut saya sih kurang setuju ya karena daripada dibeliin yang mewah itu dan semahal itu sebaiknya diwakafkan untuk yang hal yang lain yang lebih bermanfaat buat orang lain.

Apalagi kalau misalnya kita belikan Alquran, itu kan bisa dipakai sama orang yang masih hidup dan Insya Allah pahalanya lebih mengalir Lebih baik. makam yang mahal itu daripada buat makam mahal lebih baik kita sedekahkan saja buat bersedekah buat pengemis buat kaum dhuafa fakir miskin, Hal-hal yang lebih positif itu lebih bermanfaat.

Pendapat Ulama Tentang Adanya Makam islam Yang Harganya mahal

Lalu bagaimana pendapat ulama mengenai makam islam dengan harga yang sangat mahal ?

Sebetulnya sudah ada kaidah semuanya, Mudah sekali Allah sudah mengingatkan kepada kita dengan ayat Al Qur’an Al “hakumut Takasur Hatta zurtumul maqabir Kalla saufa ta’lamun Summa Kalla saufa ta’lamun” Allah sudah mengingatkan kepada kita untuk tidak bermewah-mewahan, seperti itu, jadi apabila masih dimungkinkan untuk bisa menguburkan dengan tidak bermewah-mewah maka yang tidak bermewah-mewah dia lebih utama. walaupun sah-sah saja hatinya untuk kemudian misalnya membeli makam dengan harga sekian ratus juta itu ya sah-sah aja untuk orang yang membelinya asalkan di atasnya tidak dibangun bangunan yang menunjukkan bahwa itu adalah sebuah bangunan yang mewah.

Dikatakan memang tidak ada larangan khusus untuk melarang Membeli tanah makan atau pemakaman dengan harga-harga tertentu, Tidak larangannya. Yang dilarang adalah tidak diperbolehkan untuk membangun atau menjadikan bangunan di atas tanah makam.

Dalam ajaran islam sendiri tata cara serta syarat pemakaman sudah diatur dalam Islam, pemakaman atau ketika menguburkan saudara kita yang muslim itu memang ada perintahnya,

Syariatnya kita diperintahkan untuk memakamkan dengan cara yang baik namun dalam Islam memang tidak diajarkan atau tidak dianjurkan bahkan dilarang oleh nabi kita untuk kita membangun bangunan di atas makam dengan pembangunan yang mewah, tapi memang alangkah lebih baiknya apabila ada harta sebesar didunakan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Justru karena harta tidak dibawa mati itu maka harta itu lebih indah dan lebih bijaksana lagi jika harta itu kemudian di shodaqoh kan menurut ajaran Islam,

Kehormatan tertinggi yang dapat diberikan kepada orang yang telah meninggal dunia adalah memakamkan almarhum dengan cepat sebelum matahari terbenam bukan masalah apakah almarhum dimakamkan di taman pemakaman umum lahan milik pribadi atau bahkan di sebuah memorial Park milik swasta

Leave a Reply