jasa instalasi smoke detector di bekasi

jasa instalasi smoke detector di bekasi Fire alarm control panel atau FACP merupakan salah satu komponen yang tersambung segera dengan fire alarm system atau alarm kebakaran. Alat ini jadi bagian dari proses pemadam kebakaran otomatis didalam bangunan yang benar-benar mutlak untuk di sajikan di tiap-tiap bangunan.

fire alarm control panel
Umumnya fire alarm panel digunakan untuk bangunan besar dan memiliki banyak lantai. Sehingga kala mengidamkan sesuaikan alarm yang tersedia di didalam gedung tersebut, Anda tidak kudu datang ke semua alarm di tiap-tiap lantai.
Selain itu, FACP termasuk digunakan untuk menghubungkan semua alarm kebakaran yang tersedia di didalam gedung agar dapat saling bersinkronisasi. Sehingga kalau tersedia satu pendeteksi suhu yang mengirimkan isyarat kebakaran, semua alarm di gedung selanjutnya dapat menyala didalam pas yang bersamaan.

Pengertian Fire Alarm Control Panel
Dikutip dari Wikipedia, fire alarm system atau fire alarm control panel adalah sebuah panel untuk sesuaikan semua proses alarm di didalam bangunan. Umumnya alat ini bersifat kotak berwarna merah dan ditempelkan di dinding bagian ruangan yang paling gampang dijangkau oleh penghuni bangunan instalasi fire alarm .

Alat inilah yang memperoleh isyarat dari alarm kala heat detector atau smoke detector mendeteksi adanya peningkatan suhu di didalam ruangan. Jika tersedia alarm di ruangan khusus yang perlu autentikasi 2 cara untuk dapat menyala, di FACP inilah verifikasi dilakukan.

Beberapa proses control panel di didalam gedung termasuk disempurnakan dengan peta dari detektor suhu yang tersedia di bangunan tersebut. Sehingga manfaat dari alarm panel yang lain adalah agar petugas pemadam kebakaran maupun keamanan dapat paham area mana yang merupakan titik api.

Dengan begitu petugas keamanan dapat mendukung orang-orang yang tersedia di ruangan selanjutnya agar dapat nampak dan lakukan evakuasi dengan lebih cepat. Sedangkan untuk pemadam kebakaran, alam panel ini digunakan agar mereka tidak kudu menjelajahi semua gedung untuk mencari di mana titik api.

Sebab beberapa proses pendeteksi suhu dan fire alarm control panel udah disempurnakan dengan fitur di mana proses bakal segera menghubungi nomer pemadam kebakaran lokal sebagai nomer darurat atau emergency.
Di beberapa pabrik atau gedung khusus, fire alarm panel ini termasuk disempurnakan dengan beberapa fitur lainnya seperti:

Switch untuk memutus dan menyambungkan listrik di didalam gedung
Relay
Notification appliance untuk memberi peringatan darurat
Transmitter
Dan tentunya, di didalam fire alarm panel ini termasuk terkandung cara mematikan alarm kebakaran kala semua api udah dipadamkan.

Karena mengoperasikan alat ini lumayan sulit, biasanya tersedia kursus fire alarm system khusus yang diikuti oleh petugas keamanan gedung. Selain itu, biasanya terkandung simulasi kebakaran di didalam gedung, apartemen, atau pabrik yang melibatkan control panel alarm secara langsung.

Jenis – Jenis Control Panel didalam Alarm Kebakaran
Berdasarkan cara kerjanya, tersedia 4 style fire alarm control panel yang biasa digunakan di didalam gedung atau bangunan lainnya yaitu:

Coded
Bisa dibilang coded fire alarm system adalah style yang paling pertama dan paling tua di dunia. Jenis control panel ini pertama kali dikembangkan sejak th. 1800’an dan hingga pas ini tetap digunakan di beberapa bangunan tua layaknya sekolah yang udah tersedia dari masa dulu dan belum lakukan renovasi total.

Cara kerja control panel ini adalah dengan menyalakan alarm yang tersambung sesuai dengan rangkaian yang tertera di didalam program atau kode proses tersebut. Misalnya kala terdeteksi kebakaran di lantai 1, maka alarm bakal menyala sesuai rangkaian yang tertera jikalau lantai 1 terjadi kebakaran.

Pada umumnya, kode atau rangkaian di didalam proses ditulis sedemikian rupa agar para penghuni gedung dapat lakukan evakuasi secara tertib tanpa mengakibatkan orang di lantai paling atas terperangkap maupun orang di lantai bawah berdesakan.
Kemudian kala semua kode udah dijalankan, maka alarm bakal secara otomatis berhenti berbunyi.

Conventional Fire Panel System
Conventional fire panel system merupakan versi yang lebih canggih dari coded fire alarm control panel. Sebab keduanya tetap memiliki cara kerja yang sama. Yaitu dengan menyalakan alarm secara berurutan sesuai dengan kode yang tertera di didalam sistem.

Perbedaannya adalah, style kontrol panel ini dapat mendeteksi titik api dengan lebih akurat. Misalnya kala pendeteksi kebakaran yang mengirimkan isyarat berasal dari bagian barat lantai satu, maka yang bakal tampil didalam control panel selanjutnya adalah bagian barat lantai satu. Bukan hanya lantai satu saja.

Dengan begitu, Anda dapat menempatkan lebih dari 1 kontrol panel didalam satu lantai. Hal ini nantinya bakal mempermudah proses evakuasi penghuni gedung dan mempercepat pemadam kebakaran untuk menemukan sumber api.
Umumnya conventional fire panel system digunakan di bangunan yang luas dan bertingkat layaknya tempat tinggal sakit, apartemen, atau kampus yang terdiri dari 2 gedung atau lebih.

Addressable Panel
Addressable fire alarm control panel merupakan style panel fire alarm yang paling banyak digunakan di semua dunia, termasuk termasuk di Indonesia. Sebab style panel ini adalah yang paling canggih dengan dengan rentang harga yang tetap dapat terjangkau oleh biasanya perusahaan maupun pengelola bisnis di Indonesia.

Dengan proses addressable panel, Anda dapat melihat secara detil di mana titik api berasal. Bukan hanya tulisan zona barat atau lantai 1, tapi termasuk di mana ruangan atau kamar titik api tersebut.

Leave a Reply