Hak Asasi Manusia – Strategi Penelitian untuk Mendaftar Kekerasan, Pengadilan dan Deklarasi di Kenya

Hak Asasi Manusia – Strategi Penelitian untuk Mendaftar Kekerasan, Pengadilan dan Deklarasi di Kenya

Daftar laporan berdasarkan laporan dari departemen pemerintah Amerika Serikat, Amnesty International dan hak-hak banyak aktivis adalah bahwa pelaksanaan Deklarasi Hak Asasi Manusia hanyalah formalitas belaka. Daftar hak anak atas pendidikan dan hak perempuan atas martabat sebagaimana tertuang dalam deklarasi hak asasi manusia terus menerus dilanggar oleh aparat kepolisian sendiri.

Hak Asasi Manusia Anak, penyandang cacat, hak atas perumahan, pekerjaan, dan pengungsi, reproduksi dan perdagangan manusia telah dilanggar dalam beberapa kesempatan dan tidak ada kontrol atasnya oleh administrasi dan pengadilan tidak tersedia sistem yang memadai. Media nasional dan LSM lokal, terus menunjukkan bahwa penggunaan kekuatan polisi yang berlebihan yang berujung pada pembunuhan.

Pelanggaran Deklarasi Hak Asasi Manusia, termasuk pelecehan terhadap tahanan, kondisi penjara yang keras, korupsi, impunitas resmi, penangkapan dan penahanan sewenang-wenang, penahanan praperadilan yang berkepanjangan, kerusakan privasi dan pembatasan kebebasan pers, berkumpul dan berserikat masih tetap ada. jangkauan pengadilan. Di antaranya pelanggaran mutilasi alat kelamin perempuan dan diskriminasi berdasarkan etnis dan kebangsaan, serta pembatasan serikat pekerja yang dijauhkan dari jangkauan pengadilan.

Kenya telah mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, 1948, dan merupakan Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak Asasi Manusia sejak 16-12-1963, termasuk hak asasi manusia di Indonesia. Seperti semua orang di Kenya berhak atas semua hak dan kebebasan yang ditetapkan dalam Deklarasi ini, tanpa membedakan ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, pendapat politik atau asal kebangsaan atau asal sosial, properti, kelahiran atau status lainnya. Hak-hak yang diadopsi oleh Kenya memahami bahwa perbudakan dan perdagangan budak dilarang dalam segala bentuknya. Tidak seorangpun akan menjadi sasaran penyiksaan atau kekejaman, tidak manusiawi atau merendahkan martabat sehingga tidak seorangpun dapat dikenakan penangkapan sewenang-wenang, penahanan atau pengasingan, setiap orang di Kenya memiliki hak atas pendidikan.

Pendidikan harus gratis, setidaknya di tingkat dasar dan dasar. Pendidikan dasar adalah wajib. Pendidikan teknis dan profesional harus tersedia secara umum dan pendidikan tinggi harus sama-sama dapat diakses oleh semua berdasarkan prestasi.

Republik Kenya adalah anggota organisasi internasional yang didirikan sebagai Organisasi Persatuan Afrika untuk mempromosikan kerja sama di antara negara-negara Afrika yang merdeka. Ini telah meratifikasi beberapa konvensi tentang hak asasi manusia dan PBB memiliki komitmen internasional yang mengikat untuk menghormati standar yang ditetapkan dalam dokumen yang memiliki hak universal ini. Sejauh Kenya telah meratifikasi Protokol Opsional untuk konvensi tersebut, rakyat Kenya dan perwakilan mereka dapat menegaskan hak-hak mereka oleh badan-badan ini.

Semua rakyat Kenya dapat meminta bantuan Komite PBB untuk pelanggaran hak asasi manusia tertentu. Karena Kenya adalah anggota Uni Afrika, warganya dan LSM dapat mengajukan pengaduan ke Komisi Afrika. Mereka juga dapat mengajukan pengaduan berdasarkan pedoman Uni Eropa (di mana hukuman mati dan penyiksaan) ke kedutaan negara Anggota Uni Eropa dan delegasi Komisi Eropa. Dalam kasus pelanggaran hak oleh perusahaan multinasional, mereka juga dapat meminta NCP di negara anggota OECD. Kenya telah bergabung dengan pengadilan pidana internasional dan oleh karena itu dapat dipanggil jika terjadi kejahatan serius

Leave a Reply